Kawasan Kota Harus Bebas dari Pemukiman Kumuh

Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berharap, melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dapat menyelesaikan permasalahan pemukiman kumuh. Serta turut meningkatkan produktifitas masyarakat.
Wabup berkunjung ke perkampungan di Kelurahan Jogotrunan
Wabup berkunjung ke perkampungan di Kelurahan Jogotrunan
“Harapannya ini sudah tidak kampung kumuh ya, Saya minta kepada seluruh lurah, yang ada dana bantuan agar dipenuhi untuk mendukung program kotaku, agar hilangnya kekumuhan di kota,” ujarnya saat meresmikan Program Kotaku di Kelurahan Jogotrunan, Kecamatan Lumajang, Sabtu (15/2/2020).

Ia menyampaikan, hampir seluruh wilayah di Kecamatan Lumajang sudah terjamah program Kotaku, sehingga untuk alokasi selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Sukodono. Untuk kecamatan yang lain, Ia berharap dapat terealisasi di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang.

“Mudah-mudahan kedepannya, kecamatan yang lain juga disentuh oleh program seperti kotaku ini, mudah-mudahan bisa menjangkau semuanya,” harapnya.

Program Kotaku tersebut bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di kawasan kumuh perkotaan. Untuk mendukung terwujudnya permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.

Ketua Panitia Pelaksana Program, Misdianto menyampaikan pelaksanaan program Kotaku di Kelurahan Jogotrunan turut melibatkan masyarakat padat karya dalam pembangunan infrastruktur.

Hal itu, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap infrastruktur di lingkungan masyarakat serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Kotaku ini berkat kerjasama dan partisipasi dan dukungan semuanya, terutama masyarakat setempat,” pungkasnya. (fit)