Kios yang Ambruk di Pasar Yosowilangun Dibangun 1981

Lumajang, Motim - Sebanyak 5 kios di Pasar Kecamatan Yosowilangun ambruk di bagian depan, Senin (17/2/2020) malam. Diduga ambruknya kios itu karena bangunan lama yang sudah rapuh dan miring. Dinas Perdagangan (Dindag) Lumajang menyebut, kios itu dibangun pada 1981.
Kondisi kios di Pasar Yosowilangun yang ambruk
Kondisi kios di Pasar Yosowilangun yang ambruk
“Itu bangunan tahun 1981,” kata Kepala Dindag Lumajang, Hairil Diani pada Memo Timur, Selasa (18/2/2020).

Ia menegaskan, kios yang ambruk itu berada di pasar bagian depan. Sementara Dindag sudah melakukan rehabilitas Pasar Yosowilangun namun yang bagian dalam pada 2018. “Ini yang (ambruk) belum direhab,” ujarnya.

Atas peristiwa itu, pihaknya sudah bertanggungjawab kepada 2 orang korban yang mengalami luka. “Keduanya sudah dibawa ke puskesmas dan sudah dibawa pulang. Pengobatannya sudah kita tanggung,” katanya.

Sebagai antisipasi kejadian serupa, Hairil sudah meminta koordinator Pasar Yosowilangun untuk mengecek bangunan secara kesuluruhan. “Langsung Saya minta mengecek secara keseluruhan,” jelasnya.

Tak hanya Pasar Yosowilangun, Ia juga memerintahkan seluruh kepala pasar untuk mengecek bangunan pasar yang ada. “Karena yang lainnya belum tentu bangunan baik semua,” terang Hairil.

Sementara untuk rehab kios yang rusak di Pasar Yosowilangun, Dindag masih berkoodinasi dengan pihak terkait seperti BPBD. “Kalau itu bagian dari musibah, apakah bisa ditangani tahun ini. Jika bisa, maka akan kami lakukan perbaikan,” pungkasnya. (fit)