Mahasiswi Lumajang yang Pulang dari China Bebas Virus Corona

Lumajang, Motim - Suargita, mahasiswi asal Kabupaten Lumajang baru saja pulang dari China. Tiba di Lumajang, Ia langsung diperiksa di RSUD dr. Haryoto. Untuk melihat apakah dirinya terinfeksi virus corona yang kini mewabah di China, khusunya di Kota Wuhan.
Mahasiswi Lumajang diperiksa usai pulang dari China
Mahasiswi Lumajang diperiksa usai pulang dari China
Dari pemeriksaan yang dilakukan dokter spesialis, hasilnya, Suargita dinyatakan bebas dari virus corona. Kondisi kesehatannya juga dinyatakan baik-baik saja.

“Dari pemeriksaan dokter spesialis paru, hasilnya sangat bagus. Secara klinis tidak ada masalah, yang bersangkutan dalam kondisi sehat dan tidak ada indikasi membawa virus corona,” terang Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Sabtu (1/2/2020).

Saat virus corona menghantui China, wabup intens melakukan komunikasi dengan Suargita dan para pelajar asal Lumajang lainnya di sana. Bahkan saat Suargita diperiksa di rumah sakit, Indah ikut mendampingi.

Dari data sementara, saat ini masih ada 13 pelajar asal Lumajang di China. Pemkab Lumajang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. Untuk melakukan pemantauan kondisi mereka di China.

Lanjutnya, jika mereka bisa dipulangkan, tentu pemeriksaan juga akan dilakukan saat tiba di tanah air atau Lumajang. “Kita pasti akan mengantisipasi, apakah mereka membawa virus corona atau tidak,” kata Bunda Indah.

Sementara Direktur RSUD dr. Haryoto Lumajang, dr. Halimi mengatakan pihaknya sudah mengikuti alur pemeriksaan yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan RI. “Semua pelajar yang datang dari China akan kita lakukan cek screening, baik pemeriksaan fisik maupun klinis, untuk ruangan sudah kita sediakan ruang isolasi di UGD,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika ditemukan indikasi terjangkit virus corona maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diharuskan untuk rawat inap. “Jika terindikasi tentu ada tindakan lanjut,” pungkasnya. (fit)