Ombak Tinggi di Pantai Bulurejo, Nelayan Dihimbau Tak Melaut

Lumajang, Motim - Ombak tinggi kembali menerjang Pantai Bulurejo, Desa Bulurejo, Kecamatan Tempursari. Bahkan tinggi ombak mencapai 5 meter. Para nelayan pun dihimbau tidak pergi melaut hingga ombak kembali normal.
Pantai Bulurejo Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari
Pantai Bulurejo Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, sudah beberapa hari belakangan ini, ombak di Pantai Bulurejo tinggi. Di antara 3 sampai 4 meter. Namun pada, Selasa (11/2/2020) malam, sempat terpantau hingga 5 meter.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, saat cuaca normal saja, ombak di pantai selatan mencapai 2,5 meter. Saat ini cuaca ekstrem, bisa dikisaran 3-4 meter. Seperti yang terjadi di Pantai Bulurejo.

“Saat ini ombak tinggi wajar, karena cuaca ekstrem,” ungkapnya, Rabu (12/2/2020).

Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan para relawan yang ada di sana. Agar menghimbau para nelayan untuk tak melaut. Demi keselamatan nelayan itu sendiri. “Tunggu sampai ombak landai,” lanjutnya.

Seperti diketahui ombak tinggi yang sering terjadi di Pantai Bulurejo berdampak terjadinya abrasi di kawasan pantai tersebut. Kondisi pantai sudah rusak. Bahkan sejumlah bangunan warung yang di dekat bibir pantai sudah rusak.

“Warung-warung yang di dekat bibir pantai sudah habis,” ungkap Wawan.

Namun meski ombak tinggi, warga di sana masih terbilang aman. Karena jarak pemukiman dengan warga cukup jauh. “Sebelum ke pemukiman juga ada sungai di sana. Kalau abrasi tentu ke sungai dulu,” pungkasnya. (fit)