Pastikan Tak Sediakan Kantong Plastik, Toko Modern akan Dipantau

Lumajang, Motim - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Yuli Harismawati menyampaikan, pihaknya akan melakukan pemantauan di toko dan retail modern. Untuk memastikan di tempat tersebut, tak lagi menyediakan kantong plastik sekali pakai.
Toko modern di Lumajang
Toko modern di Lumajang
Hal ini dilakukan, karena mereka harus mematuhi Peraturan Bupati Lumajang Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai. Pemantauan ini sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 di Kabupaten Lumajang.

Karena Yuli berharap peringatan HPSN bukan hanya sebagai acara seremonial semata. Melainkan sebagai bentuk kepedulian dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kepedulian pengelolaan sampah.

Rangkaian peringatan HPSN di Lumajang sendiri, akan digelar mulai 17 Februari hingga 29 Februari 2020. Nantinya akan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan. Salahsatunya adalah memberikan edukasi pada masyarakat tentang pengelolaan sampah secara benar.

“Ini kami selenggarakan hampir 2 minggu, harapannya untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan sampah berbasis 3R, Reduce, Reuse, Recycle, dan masyarakat bisa peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar,” ujarnya, Sabtu (15/2/2020). (fit)