Pelajar Berlomba Bikin Kerajinan dari Sampah

Lumajang, Motim - Dalam rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun ini, ada banyak kegiatan yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang. Salahsatunya lomba membuat kerajinan dari sampah yang diikuti oleh para pelajar.
Lomba membuat kerajinan dari sampah
Lomba membuat kerajinan dari sampah
Kegiatan tersebut digelar di Alun-Alun Lumajang. Selain itu, ada kegiatan lain seperti bazar ekonomi kreatif kerajinan daur ulang sampah, peragaan busana daur ulang sampah, dan Ngopi SAM (Ngopi Tukar Sampah).

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Tri Sunu Hadiantoro menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemkab dalam rangka mengurangi timbulan sampah, dengan mendaur ulang menjadi beragam kerajinan yang memiliki nilai jual.

“Ini bukan sekedar pelaksanaan hari ini saja, tapi berkelanjutan, kegiatan ini paling tidak bisa mengurangi timbulan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat,” kata Tri Sunu, saat dikonfirmasi dalam kegiatan lomba kerajinan daur ulang sampah di Alun-Alun Lumajang, Jum'at (21/2/2020).

Tri Sunu mengungkapkan, timbulan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Lumajang yang masuk dalam Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Lempeni, akan kembali dipilah sesuai dengan jenisnya, sampah yang masih bisa dimanfaatkan akan melalui proses, sementara sampah yang sudah tidak memiliki nilai manfaat atau sisa akan dibuang.

“Sampah ini kan ada sampah organik dan anorganik, otomatis yang anorganik ini bisa kita fungsikan, dan yang sudah residu (sisa), sudah kita buang ke TPA,” ujarnya. (fit)