Pemeriksaan Senpi Berkala, 4 Diregister Ulang

Lumajang, Motim - Sedikitnya ada 170 senjata api dinas milik anggota Polres Lumajang termasuk Polsek jajaran dilakukan pemeriksaan. Selain untuk memastikan senpi tetap dalam kondisi baik dan amunisi tetap lengkap juga untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan semisal senpi hilang atau dipinjam-pakaikan kepada orang lain.
Wakapolres saat memimpin pemeriksaan senpi
Wakapolres saat memimpin pemeriksaan senpi
Pemeriksaan senpi dilakukan di halaman Polres Lumajang pada Rabu (12/2), dipimpin langsung Wakapolres Lumajang, Kompol Hendry Soelystiawan, SE didampingi Kasi Propam, Ipda Wasono Budi

Kasubag Humas Polres Lumajang, Iptu Catur Budi Bhaskara menyampaikan jumlah anggota Polres Lumajang yang memegang senpi dinas mulai dari Bintara hingga dengan Perwira sebanyak 170 personil.

Dari 170 senpi itu yang sudah selesai dilakukan pemeriksaan mulai kebersihan, kelayakan, kelengkapan surat termasuk pemeriksaan amunisi dari masing-masing senpi itu baru 100 senpi.

“Pemeriksaan dilakukan selama dua hari, Rabu dan Kamis. hari ini baru 100 senpi yang sudah diperiksa. Sisanya sebanyak 70 senpi dilanjutkan besok pagi Mas,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan tadi kata Kasubag Humas ada 4 buah senpi yang ditarik, karena nomor kartu tidak sama dengan nomor yang ada pada senpi tersebut. “Segera dilakukan pembaharuan kembali oleh Sarpras Polres Lumajang,” ungkapnya lagi.

Pemeriksaan senpi dilakukan juga sebagai sarana kontrol terhadap barang milik negara, yang dipinjam pakaikan kepada anggota Polri, dimana terdapat hak dan kewajiban yang harus terpenuhi baik administrasinya maupun operasionalnya sehingga tidak mengganggu tugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga dalam menciptakan wilayah aman dan kondusif.

“Pemeriksaan juga untuk memastikan senpi yang merupakan alat utama petugas saat berada di lapangan tidak mengalami kendala,” pungkasnya.(cho)