Pendidikan Paket B dan C akan Dioptimalkan di Pedesaan

Lumajang, Motim - Dinas Pendidikan Lumajang akan terus mengoptimalkan Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan C khususnya di pedesaan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lumajang.
Sosialisai UNBK Paket B dan C
Sosialisai UNBK Paket B dan C
Program tersebut akan diwujudkan melalui Gerakan Membangun Kesetaraan Desa (GMKD) di bidang pendidikan. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Agus Salim mengatakan, GMKD merupakan salahsatu upaya untuk peningkatan IPM.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mengoptimalkan program pembelajaran Paket B dan C kepada masyarakat hingga ke pedesaan. Tahun ini Ujian Nasional Paket B dan C di Lumajang bahkan akan diikuti hingga 1.606 peserta.

“Jadi hari ini ada kegiatan sosialisasi UNBK, yang diikuti oleh sekitar 1.606 calon perserta UNBK paket B dan C Tahun Ajaran 2019/2020,” katanya saat membuka kegiatan Sosialisai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Paket B dan C Tahun Ajaran 2019/2020, yang bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan Lumajang, Rabu (19/2/2020).

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Lumajang, Masrupi menambahkan, ujian kesetaraan tersebut telah dilaksanakan untuk gelombang pertama dan gelombang kedua. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan juga menyiapkan fasilitas di lembaga pendidikan formal yang telah mempunyai fasilitas tertentu.

“Kebetulan yang kami tangani saat ini merupakan salah satu proses Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi pelajar kesetaraan. Untuk itu, kami harap pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik sehingga pelajar yang menempuh Paket B dan C dapat lulus dengan nilai yang terbaik,” pungkasnya. (fit)