Perpusdes di Lumajang Harus Berjalan dengan Maksimal

Lumajang, Motim - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lumjang menginginkan semua Perpusatakaan Desa (Perpusdes) yang ada berjalan dengan maksimal. Untuk monitoring sering dilakukan ke Perpusdes yang ada.
Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lumajang Edi Irianto
Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lumajang Edi Irianto
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lumajang, Edi Irianto mengatakan, terakhir pihaknya melakukan monitor di perpusdes yang ada di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro dan Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono.

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya ingin memastikan sejauh mana perkembangan dan pengelolaan perpusdes. Juga sekaligus melihat seberapa besar peran pemerintah desa setempat dalam mengembangkan perpusdes.

“Langkah ini dia lakukan guna memonitor apa saja yang sudah dilakukan oleh perpusdes serta apa peran dari pihak pemerintahan desa selama ini,” ujarnya.

Sementara, salahsatu pustakwan, Hertutik menegaskan, dari sekian perpusdes yang ada di Lumajang, ada sebagian yang sudah berjalan dengan bagus. Namun ada juga yang bahkan tidak berjalan alias vakum.

“Ada perpusdes yang prosesnya melejit dan ada juga yang vakum, tidak ada perkembangan sama sekali,” ungkapnya.

Khusus untuk perpusdes yang vakum atau tidak berjalan, menurutnya dikarenakan cara pengelolaannya. Hal ini dipengaruhi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengelola perpusdes tersebut.

“Hal tersebut dikarenakan SDM pengelola yang enggan untuk berinovasi,” pungkasnya. (fit)