PKL di Jalan A Yani–PB Sudirman Ditertibkan

Lumajang, Motim - Petugas gabungan melakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima (PKL) yang memanfaatkan trotoar atau bahu jalan di sepanjang Jl. A Yani hingga PB Sudirman, Kamis (13/2/2020). Karena kawasan tersebut harus steril dari PKL.
Petugas mengamankan kendaraan yang digunakan untuk berjualan di bahu jalan
Petugas mengamankan kendaraan yang digunakan untuk berjualan di bahu jalan
Puluhan petugas dari Satpol PP, Dishub, dan Dindag menyisir trotoar dan bahu jalan sepanjang jalan itu. Ada sejumlah barang dan dagangan PKL yang akhirnya diamankan. Karena sebelumnya mereka sudah mendapat peringatan.

“Sebelumnya kami sudah beberapa kali melakukan sosialisasi agar trotoar atau bahu jalan tidak difungsikan untuk berjualan,” kata Kepala Satpol PP Lumajang, Matali Bilogo.

Ia menegaskan, trotoar pada umumnya hanya dipergunakan untuk para pejalan kaki. Tetapi masih banyak ditemukan masyarakat yang menyalahgunakan fungsi trotoar sebagai lapak untuk berjualan.

“Penertiban ini dilakukan agar masyarakat kembali bisa menggunakan trotoar sesuai dengan fungsinya yaitu buat pejalan kaki,” ujarnya.

Ia pun menghimbau agar para pedagang berjualan di tempat lainnya. Khusunya di tempat yang memang diizinkan PKL berjualan. “Sehingga tidak mengganggu dan merugikan masyarakat lain atau pejalan kaki,” pungkasnya. (fit)