Rencana Mendadak, Baksos IWL Berjalan Sukses

Lumajang, Motim - Kepedulian Ikatan Wartawan Lumajang (IWL) terhadap kaum duafa dan janda-janda tua yang kehidupannya cukup memprihatinkan, menggugah hati para anggota IWL untuk menyisihkan sebagian rejekinya. Untuk diwujudkan dalam bentuk paketan sembako berisi beras, gula pasir, minyak goreng dan mie sedaap.
Ketua IWL bersama Penasehat IWL
Ketua IWL bersama Penasehat IWL
Kegiatan ini untuk Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Ikatan Wartawan Lumajang menggelar aksi kemanusiaan dengan bagi-bagi sembako. Munculnya ide baksos berbagi paket sembako kepada kaum-kaum yang membutuhkan, sebenarnya tidak direncanakan jauh hari, semua terkesan mendadak dan cepat.

“Baksos ini sebelumnya tidak kita rencanakan dengan matang, namun alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan lebih dari yang kita harapkan, tentunya berkat dukungan dan semangat dari Tim IWL Peduli, juga teman-teman LSM Lanusa dan Peradi Lumajang,” ujar Basori, Ketua Ikatan Wartawan Lumajang, yang juga sebagai Kepala Biro Lumajang Harian Pagi Pojok Kiri, Sabtu (22/2/2020).

Basori menceritakan bahwa awalnya untuk perayaan HPN tahun 2020, bukan baksos, akan tetapi membuat seminar atau bisa dibilang semacam audiensi. Dengan menghadirkan beberapa narasumber dari wartawan Lumajang senior dan pakar hukum dari salah satu fakultas tinggi yang ada di Kabupaten Lumajang. Namun rencana itu gagal, degan pertimbangan beberapa hal.

“Saya berkomunikasi dengan Mas Choir (Wartawan Koran Harian Pagi Memo Timur Biro Lumajang) untuk merayakan HPN. Mas Ahmadi (Wartawana Memo X) kami putuskan menjadi ketua panitianya, dan dibantu dengan beberapa wartawan dari IWL untuk membantu rencana perayaan HPN, entah mau bikin kegiatan apa saja yang pasti Saya bersama Mas Choir mendukung sepenuhnya,” katanya.

Setelah beberapa waktu saat semua wartawan IWL berkumpul di salah satu Cafe yang berada di tengah kota Lumajang, Basori meminta agenda rencana perayaan HPN kepada Ketua Panitia yang tak lain adalah Ahmadi.

“Saya meminta rencana agenda perayaan HPN ke mas Ahmadi, setelah rapat sekalian kemudian teman-teman semua sepakat untuk melakukan baksos,” ujarnya.

Terpisah MJ Choir yang juga selaku penasehat IWL, dirinya membenarkan semua cerita dari Ketua IWL, dan dirinya tidak menyangka kekompakan wartawan IWL tetap solid. Dalam kegiatan bakti sosial ikut bergabung LSM Lanusa, Peradi Lumajang dan teman-teman wartawan yang tidak tergabung di IWL pun juga turut bergabung dan berpartisipasi.

“Alhamdulillah berhasil mengumpulkan sedikitnya 120 paket sembako yang diberikan secara simbolis di beberapa titik kumpul penerima. Paket sembako sebanyak itu sudah dibagikan kepada para duafa dan janda miskin di wilayah kecamatan Klakah dan Pronojiwo pada Jumat dan Sabtu kemarin,” pungkasnya. (cho)