Sejumlah Kios Pasar Yosowilangun Ambruk, 2 Orang Terluka

Lumajang, Motim - Sejumlah kios di Pasar Kecamatan Yosowilangun ambruk, Senin (17/2/2020) malam. Akibatnya, 2 orang menjadi korban dalam peristiwa itu. Keduanya mengalami luka dan harus mendapat perawatan di puskesmas setempat.
Sejumlah kios di Pasar Yosowilangun ambruk
Sejumlah kios di Pasar Yosowilangun ambruk
Adapun dua korban adalah Muharomatul Walidina (21), dan Sunuyo (46). Saksi mata menyebut, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 7 malam. Tiba-tiba tembok dan atap depan sejumlah kios ambruk.

Salahsatu pemilik kios, Abdul Qodir (45), sesaat sebelum kejadian masih di dalam. Ia mendengar suara kayu retak. Namun putrinya, Walidina yang berada di depan, tertimpa reruntuhan di bagian kaki. Ia pun menyelamatkan putrinya serta meminta tolong warga.

Selain itu, Sunuyo, penjual durian yang berada di sekitar lokasi ikut tertimpa reruntuhan. Ia mengalami luka memar dan lecet di tubuhnya. Kedua korban pun kemudian langsung dibawa ke Puskesmas Yosowilangun.

“Diduga penyebabnya, karena kondisi tembok bangunan pasar dan kayu atap toko yang sudah rapuh dan termakan usia,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Selasa (18/2/2020).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, ada 5 kios yang mengalami kerusakan. “Saat kejadian hanya kios milik Abdul Qodir yang masih buka sedangkan ke empat toko lainya sudah tutup,” jelas Wawan pada Memo Timur.

BPBD Lumajang menaksir akibat kejadian ini, total kerugian mencapai Rp 50 juta. Setelah kejadian ini, personil BPBD, Polri, TNI, bersama warga melakukan bersih-bersih puing reruntuhan. (fit)