Sejumlah Toko Modern Abaikan Peraturan Bupati Nomor 56/2019

Lumajang, Motim - Pihak Pemkab Lumajang melakukan pengawasan langsung ke toko-toko modern. Hal ini untuk memastikan Peraturan Bupati Nomor 56/2019 tentang Pengurangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai itu diterapkan.
Pengawasan di toko modern terkait Perbup Nomor 56/2019
Pengawasan di toko modern terkait Perbup Nomor 56/2019
Namun dari hasil pengawasan yang dilakukan, masih ada toko modern yang nampaknya mengabaikan. Tim pengawas yang dikoordinatori Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lumajang, Trisunu Hadiantoro menemukan sejumlah toko modern yang masih menyediakan kantong plastik.

Padahal di toko tersebut sudah ada papan himbauan terkait larangan menyediakan kantong plastik. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Harismawati pun menyayangkan hal ini. Karena menurutnya Perbup tersebut sudah disosialisasikan secara luas.

“Perbup 56/2019 sudah disampaikan Bapak Bupati bulan Agustus tahun 2019, sudah disosialisasikan secara luas, sudah ada surat Sekretaris Daerah, harusnya semua menjalankan ketentuan tersebut,” kata Yuli Haris seperti yang dirilis Pemkab Lumajang.

Menurutnya, Perbup ini tidak boleh dianggap sepele. Karena sampah plastik sudah menjadi persoalan yang serius. Sampah plastik adalah sampah terbanyak kedua di Lumajang, juga di Indonesia.

“Kita intens tentang ini, kita terus mengajak masyarakat memilah sampah, cerdas menggunakan plastik, memasifkan Bank Sampah. Hal yang mudah adalah menggunakan wadah berkali kali. Bawa tas belanja ke pasar atau toko, hal yang sederhana tapi itu perilaku ramah lingkungan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Tim Pengawas yang dibentuk oleh Bupati Lumajang ini beranggotakan beberapa orang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain DLH, ada Disparbud, DPMPTSP, Satuan Pamong Praja, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, dan Bappeda. (fit)