Tanggapi Isu Penculikan Anak, Kapolres Minta Orangtua Lebih Waspada

Lumajang, Motim - Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar angkat bicara terkait maraknya isu penculikan anak. Ia meminta, para orangtua untuk lebih waspada dalam menjaga anaknya dengan adanya isu tersebut.
Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar
Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar
“Berita (isu) itu bisa jadi benar atau salah. Tapi kita anggap sebagai warning atau alarm bagi kita semua. Sebagai orangtua untuk lebih waspada terhadap keberadaan anak-anak, khususnya di bawah umur,” ungkapnya, Rabu (19/2/2020).

Ada beberapa hal yang Ia ingin sampaikan pada orangtua. Pertama, orangtua harus selalu bersama-sama dengan anak-anaknya, khususnya yang masih di bawah umur. “Jangan sampi jauh dari pengawasan,” tegasnya.

Kedua, Ia meminta orangtua juga selalu update informasi terkini mengenai isu tersebut. Ketiga, Ia meminta orangtua untuk melatih anaknya, agar tidak mudah berinteraksi dengan orang-orang yang tidak dikenal.

“Anak-anak diingatkan agar tidak mudah berbicara dengan orang-orang asing yang tak dikenalnya,” ujar dia.

Kapolres menambahkan, dari Dinas Pendidikan juga telah secara resmi mengeluarkan surat himbauan kepada sekolah-sekolah terkait ini. Untuk menghimbau pihak sekolah agar menjaga peserta didiknya.

“Mudah-mudahan dengan ini kita mencegah adanya penculikan anak itu,” pungkasnya. (fit)