Tes CPNS Berjalan dengan Baik

Lumajang, Motim - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Lumajang sudah melewati tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes SKD ini dilaksanakan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD).
Seleksi CPNS di BKD Lumajang
Seleksi CPNS di BKD Lumajang
Tes itu dilaksanakan selama 6 hari, pada 31 Januari sampai 5 Februari 2020 karena peserta dibagi dalam beberapa sesi. Mengingat jumlah peserta sangat banyak. Selama 6 hari dilaksanakan SKD itu, terpantau dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaanya berjalan lancar.

Pelaksana Tugas Kepala BKD Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, total ada 2.429 peserta mengikuti Tes SKD. Sementara passing grade atau nilai ambang batas yang ditetapkan adalah 271 poin. Peserta harus menyelesaikan 100 soal, tiap soal bernilai 5 poin.

“Kalau betul semua ya nilainya 500,” ungkap Taufik.

Lanjutnya, ketika peserta selesai mengikuti tes, nilainya sudah bisa langsung dilihat. Jika di bawah 271 poin, secara otomatis tidak lolos ke tahap berikutnya. Tetapi yang nilainya di atas passing grade, hanya akan diambil 3 teratas dari masing-masing formasi.

“Tiga besar dari masing-masing formasi itu akan mengikuti tahapan berikutnya yakni SKB (Seleksi Kompetensi Bidang),” katanya.

Untuk pelaksanaan SKB sendiri, akan dilaksanakan pada Maret 2020. Namun untuk jadwalnya masih belum dipastikan. “Pelaksanaan SKD dilaksanakan Maret, jadwalnya ditentukan lagi,” terang Taufik.

Sementara Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKD Lumajang, Zainul Rofik menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu untuk mengatasi kemungkinan gangguan teknis dalam pelaksanaan Tes CPNS tersebut.

“Untuk segala sesuatunya sudah kita persiapkan, gangguan teknis sudah kita antisipasi dengan beberapa peralatan cadangan, alhamdulillah belum ada permasalahan yang berarti,” ujarnya.

BKD telah menyediakan 100 komputer untuk pelaksanaan Tes SKD. Setiap hari ada 5 sesi, tiap sesi diikuti 100 peserta. Pihaknya juga telah menyediakan 5 perangkat komputer cadangan untuk mengantisipasi adanya gangguan teknis. (fit)