Tim Cobra Tangguh Lumpuhkan Komplotan Maling Motor

Lumajang, Motim - Komplotan pelaku pencurian sepeda motor yang dinilai cukup meresahkan masyarakat belakangan ini berhasil diringkus oleh Tim Cobra Tangguh Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Lumajang.
Pelaku ditangkap Polres Lumajang
Pelaku ditangkap Polres Lumajang
Dua dari tiga pelaku pencurian motor itu roboh, setelah salah satu kaki dari mereka diterjang timah panas yang keluar dari moncong senjata api milik petugas pada Jum'at (31/1), kemarin siang.

Ketiga pelaku itu bernama Muchamad Saiful Anam, warga Dusun Kebonan, Desa Yosowilangun Kidul, Poniman dan Moch Rohim, warga Dusun Bulak Tal, Desa Yosowilangun Lor, Kecamatan Yosowilangun.

“Pelaku yang ditindak tegas terukur itu adalah Poniman dan Moch Rohim. Terpaksa ditindak tegas, karena berusaha kabur saat hendak ditangkap,” kata Kasat Reskrim, AKP Maskur, SH mendampingi Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar, S.IK.,M.Si

Dalam kasus pencurian motor ini, Poniman dan Moch Rohim berperan sebagai pelaku utama pencurian motor. Sedang pelaku Muchamad Saiful Anam berperan membantu menjualkan sepeda motor hasil kejahatan kedua pelaku itu.

“Barang bukti yang kami amankan berupa dua unit sepeda motor hasil kejahatan pelaku merk Honda Nopol N 6429 OY dan Honda Supra X Nopol L3103 CB alat transportasi yang digunakan pelaku,” tuturnya.

Pelaku ditangkap Tim Cobra Tangguh berawal dari laporan Sariyam, warga Dusun Kebonan Desa Krai, Kecamatan Yosowilangun, yang mengatakan apabila sepeda motornya yang diparkir di area persawahan Dusun Bulak Tal raib dicuri maling.

“Sepeda motor milik korban hilang pada 25 Desember 2019,” ucap Kasat Reskrim.

Atas dasar laporan itu, Tim Cobra Tangguh terus melakukan penyelidikan dan sebulan kemudian komplotan pelaku berhasil ditangkap lengkap dengan barang bukti (BB).

“Mereka ditangkap di hari yang sama, di lokasi berbeda,” ungkapnya.

Hasil pengembangan ternyata komplotan ini sebelumnya telah beraksi di 8 lokasi berbeda 5 di wilayah hukum Polres Lumajang 3 di wilayah hukum Polres Jember.

8 tempat kejadian perkara yang dilakukan komplotan pencurian sepeda motor itu antara di wilayah Desa Karanganyar sepeda motor Honda Revo, Jalan Lingkar Selatan (JLS) sepeda Yamaha Vixion, belakang stadion Yosowilangun sepeda Yamaha Vixion dan di wilayah Desa Jatimulyo Kecamatan Kunir sepeda motor Honda Beat.

Di wilayah Desa Mileman Kecamatan Yosowilangun sepeda motor protolan.

Sedang di wilayah Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember Honda Vario dan Yamaha Vixion.

“Ada beberapa nama yang disebut oleh pelaku masih diburu. Dipastikan tidak lama tergaet semuanya,” pungkas AKP Maskur. (cho)