Tumpak Sewu Dilirik Investor Asing

Lumajang, Motim - Destinasi Wisata Air Terjun Tumpak Sewu dilirik investor asing. Investor dari Kanada telah berkunjung ke sana untuk melihat langsung lokasi wisata di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo itu.
Air Terjun Tumpak Sewu
Air Terjun Tumpak Sewu
Tiga warga negara asing (WNA) dari Tim Investor Federal Aviation Administration (FAA) Kanada tersebut datang dengan didampingi oleh jajaran Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember dan Pemkab Lumajang, Selasa (11/2/2020).

Salahsatu dari mereka, Mr. Paul mengatakan, pihaknya akan membantu untuk memfasilitasi untuk menyediakan kereta gantung. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh pihak Pemkab Lumajang beberapa waktu lalu.

“Buatkan proposal dulu, nanti saya cek proposalnya, dan pasti akan saya accept (terima, red). Agar dapat memajukan destinasi wisata di Kabupaten Lumajang. Sehingga dapat bersaing dengan negara lain,” ujarnya.

Sementara Kepala Bakorwil V Jember, R. Tjahjo Widodo menjelaskan, kedatangan Tim Investor FAA itu bertujuan untuk merealisasikan program pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) atau swasta.

“Tujuan kami ke sini adalah untuk memfasilitasi Investor dari Kanada, yang rencananya akan membangun sebuah fasilitas Kereta Gantung menuju lokasi Wisata Tumpak Sewu Lumajang. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang berkunjung,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa dalam upaya pengembangan destinasi wisata di Lumajang, sangat dibutuhkan adanya kerja sama dari semua perangkat daerah dan pihak terkait. Sehingga destinasi wisatanya dapat lebih diekspose.

“Kalau ini bisa terealisasi, maka destinasi wisata di Kabupaten Lumajang bisa bersaing dengan tempat lain, dan kami optimis destinasi wisata di sini akan bisa menang dibandingkan dengan tempat lainnya,” pungkasnya. (fit)