Unik! Pelajar Lomba Nyanyi Lagu Jawa Versi Bahasa Inggris

Lumajang, Motim - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP Kabupaten Lumajang punya cara unik agar para pelajar lebih berminat belajar bahasa Inggris. Salahsatunya dengan menggelar lomba nyayi lagu Jawa dalam versi bahasa Inggris.
Salahsatu peserta sedang tampil di hadapan juri
Salahsatu peserta sedang tampil di hadapan juri
Dengan tajuk English On Stage (EOS), lomba tersebut digelar di Gedung Guru, Selasa (11/2/2020). Ada 48 peserta dari SMP Negeri/Swasta maupun MTs yang ada di Kabupaten Lumajang.

Terlihat para peserta berusaha tampil semaksimal mungkin membawakan lagu yang populer. Seperti lagu Didik Kempot–Stasiun Balapan, Denny Cak Nan–Kertonyono Medot Janji, hingga Ilux ID–Mundur Alon-alon.

Bukan hanya menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu tersebut dalam versi bahasa Inggris. Namun peserta juga menunjukkan kepiawaian dalam memainkan alat musik. Khusunya alat musik akustik.

Ketua Panitia Lomba, Munirul Hakim mengatakan, ini merupakan gelaran EOS yang kedua. Setelah tahun sebelumnya, pihaknya juga sukses menyelenggarakan acara tersebut. Menurutnya, lomba semacam ini digelar, agar siswa/siswi lebih mencintai bahasa Inggris.

“Karena banyak cara untuk mencintai bahasa Inggris. Ini dengan cara translating dari lagu Jawa ke bahasa Inggris. Kemudian mereka menyanyikannya,” ucapnya.

Selain menumbuhkan kecintaan pada bahasa Inggris, juga agar anak-anak tidak melupakan kesenian Jawa. “Ini kan aslinya lagu Jawa yang diinggriskan. Agar lebih menumbuhkan rasa sayang pada kesenian Jawa,” ucapnya.

Kemudian ada 3 kriteria penilaian yang ditentukan. “Antara lain musikalisasinya, kemudian pronoun session dan performance,” ujarnya. Sementara untuk juri yang menilai, di luar dari kalangan MGMP Bahasa Inggris.

“Kita cari guru yang netral. Untuk musikalisasi, kita cari yang memang ahli di musik, performance dari guru SMA, dan pronoun session dari dosen,” pungkasnya. (fit)