Wabup Indah: Menjadi Anggota Satpol PP itu Berat

Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lumajang tahun 2020 di Aula BKD Lumajang, Senin pagi (24/2/2020).
Indah Amperawati membuka Diklat Satpol PP
Indah Amperawati membuka Diklat Satpol PP
Dalam kesempatan tersebut Ia menyampaikan, jika tugas dari anggota Satpol PP itu berat. Diantaranya mereka harus memberikan keteladanan, taat kepada aturan, dan harus bersahabat dengan masyarakat serta tegas dalam menjalankan aturan.

“Menjadi anggota Satuan Pol PP itu berat, karena harus paham akan aturan-aturan maupun undang-undang. Paling penting adalah belajar dan membaca semua aturan, karena banyak aturan-aturan yang harus dipahami oleh anggota satuan polisi pamong praja,” tuturnya.

Ia menegaskan, peran utama Satpol PP memang untuk menegakkan aturan dan memberikan ketertiban umum serta ketentraman masyarakat. Serta mempunyai fungsi yaitu harus mampu mengatasi semua permasalahan sosial yang memicu munculnya gejolak sosial.

Menurutnya, pendidikan dan pelatihan mempunyai tujuan untuk memperbaiki performa dari Satpol PP, baik performa yang bisa dilihat kasat mata maupun tidak kasat mata. Untuk yang tidak kasat mata seperti soal mental.

Indah berpesan kepada anggota Satpol PP, kedisiplinan itu sangat diperlukan dalam segala hal di kehidupan. “Pol PP tidak identik dengan orang yang galak tetapi harus tegas dalam menegakkan aturan. Maka jadilah pelayan masyarakat yang baik,” pesannya. (fit)