3 PDP Corona di Lumajang, 1 Meninggal

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang terus mengupdate Peta Sebaran Virus Corona (Covid-19). Data terakhir, Minggu (22/3/2020), sore sudah ada 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Satu diantaranya telah meninggal dunia dan dinyatakan negatif Corona.
Peta Sebaran Virus Corona yang dirilis Pemkab Lumajang
Peta Sebaran Virus Corona yang dirilis Pemkab Lumajang
Pasien pertama adalah perempuan lanjut usia. Ia ditetapkan sebagai PDP setelah pulang dari umroh karena mengalami sejumlah gejala Corona. Sehingga harus mendapat perawatan dan diisolasi di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Warga Kecamatan Lumajang itu kemudian dirujuk ke RS Syaiful Anwar Malang. Untuk menjalani Tes Swab, demi memastikan yang bersangkutan positif atau negatif Corona. Namun sebelum menjalani tes, Ia sudah meninggal dunia, Jumat (20/3/2020).

Pemkab Lumajang menyebut, sudah terkonfirmasi dari pihak rumah sakit jika pasien itu dinyatakan negatif Corona. Penyebab kematiannya karena memiliki riwayat penyakit gagal jantung.

“Satu orang PDP asal Lumajang yang meninggal Jumat lalu, disebabkan oleh riwayat penyakit yang dimilikinya, dan Rumah Sakit Saiful Anwar Malang menyatakan negatif terjangkit Virus Corona,” ungkap Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Sabtu (21/3/2020).

Kemudian Pemkab Lumajang mengumumkan satu PDP baru yang merupakan warga Kecamatan Sukodono. Ia ditetapkan sebagai PDP juga setelah menjalani ibadah umroh di tanah suci.

Pasien itu juga dirujuk ke RS Saiful Anwar Malang. Pemkab Lumajang masih menunggu keterangan dari pihak rumah sakit terkait dengan indikasi lain dari pasien. “Nantinya, hasil dari tes laboratorium pasti akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang,” pungkasnya.

Terakhir, Pemkab Lumajang mengumumkan PDP lagi yang merupakan warga Kecamatan Tempeh. Masih belum ada informasi resmi, penyebab orang tersebut ditetapkan sebagai PDP. (fit)