4 Komplotan Penggelapan Mobil Dibekuk Tim Cobra

Lumajang, Motim - Komplotan pelaku penggelapan mobil yang modusnya mirip dengan pencurian kendaraan bermotor berhasil dibekuk oleh tim Cobra Tangguh Polres Lumajang.
Kapolres didampingi Kasat Reskrim saat melihat BB
Kapolres didampingi Kasat Reskrim saat melihat BB
Komplotan ini dianggotai 4 orang pelaku, diantarnya YP (26), asal jalan Nusa Indah Desa Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Dalam kasus ini perannya adalah sebagai pelaku penggelapan.

MNS (52), asal Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Kota Lumajang, perannya sebagai penadah mobil curian, Ihk (55) warga yang berperan sebagai perantara jual beli mobil hasil curian dan Ho(39) warga Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan Kota Lumajang, perannya adalah sebagai penadah.

Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Negara Siregar, S.IK, M.Si kepada sejumlah media saat press release pada Ju'mat (28/2), menyampaikan kasus yang berhasil diungkap pertama kali adalah tindak pidana penggelapan. Namun, modusnya lebih mirip dengan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Pada 26 Desember 2019 PT Intaf datang ke Polres Lumajang melaporkan bahwa kendaraannya dibawa kabur oleh sopir freelance yang dipercaya untuk mengambil tepung.

“Sempat ada kabar jika kendaraan itu terlibat kecelakaan di wilayah Probolinggo. Setelah dicek ternyata tidak. Kendaraan itu hilang,” ungkapnya.

Atas dasar laporan PT Intaf itu, Tim Cobra terus melakukan penyelidikan dan mengamankan Yo selaku sopir freelance tersebut dan diperoleh keterangan bahwa kendaraan milik PT Intaf itu telah dijual kepada NS seharga Rp. 12.000.000. (Dua Belas Juta Rupiah).

Oleh NS kendaraan itu dijual kepada Ho seharga Rp. 20.500.000 ( Dua Puluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ), lalu kendaraan itu dibawa ke bengkel Ihk untuk diprotoli dan dijual secara terpisah alias dijual secara eceran.

Perbuatan para pelaku dijerat pasal 378 KUHP tentang penggelapan. Dan kasus ini masih terus dikembangkan. “Jika ada kejahatan lainnya, tentu para pelaku ini akan dijerat pasal berlapis,” pungkas Kapolres Adewira Negara Siregar.(cho)