Aliansi Pemuda Lumajang Bantu Trauma Healing Korban Pelecehan Seksual

Lumajang, Motim - Para pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Lumajang mengaku resah dengan adanya kasus pelecehan seksual di Lumajang. Mereka melakukan sejumlah aksi untuk masalah tersebut. Diantaranya melakukan trauma healing terhadap para korban.
Aliansi Pemuda Lumajang
Aliansi Pemuda Lumajang
Salahsatu kasus pelecahan seksual yang mereka kawal saat ini adalah, pelecehan oleh oknum guru kepada siswinya. Selain meminta aparat kepolisian menyelesaikan hingga tuntas kasus itu, mereka juga berusaha menyembuhkan trauma korban.

“Saya dan teman-teman aliansi sedari awal yang memang cukup resah dengan kasus pelecehan seksual yang ada di Lumajang. Kami merasa bahwa kasus ini harus diselesaikan,” ucap Kharisma Tegar Jiwa, anggota Aliansi Pemuda Lumajang.

Lanjutnya, Ia dan teman-temannya awalnya bukan fokus di masalah hukum kasus ini. “Awalnya kita hanya meminta klarifikasi apakah kejadian ini, benar terjadi. Kita juga fokus ke korban untuk melakukan trauma healing. Karena kejadian seperti ini membekas pada korban,” ujarnya.

Namun kemudian, menurutnya ada orangtua dari korban yang kemudian bersedia untuk melapor. “Kemudian didampingi secara hukum oleh teman-teman aliansi. Kita siap mendampingi sampai akhir, sampai kasus ini selesai,” ucapnya.

Setelah oknum guru yang kini pindah di Kantor Kecamatan ditatepkan sebagai tersangka, menurutnya saat ini pihak pelapor sudah senang. “Jelas mereka senang. Karena naik status menjadi tersangka,” ujar dia.

Ia mengakui memang banyak korban lainnya. Namun sampai saat ini masih ada satu korban yang berani melapor. “Kami bersedia untuk mendampingi jika ada korban lain untuk melapor,” ucapnya.

Soal trauma healing pada korban, Ia dan teman-temannya selalu menguraikan masalah yang dialami oleh korban. “Jadi ada yang sampai parah, setiap malam kepikiran terus, nangis. Karena dia serba salah, mau melapor jadi aib mereka. Ini stigma yang ada di masyarakat gitu. Kalau mereka tak melapor, ada yang ngganjel di mereka,” pungkasnya. (fit)