Baznas Alihkan Dana Zakat Bulan Ramadhan untuk Tangani Corona

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat (Baznas) Lumajang mengambil langkah responsif untuk menangani pandemi Virus Corona. Salahsatunya mengalihkan dana zakat yang sedianya akan dibagikan pada bulan Ramadhan mendatang.
Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi
Dana tersebut akan dialihkan untuk penanganan pandemi Corona di Lumajang. Baznas akan menggunakan dana zakat itu untuk membantu warga miskin. Karena ekonomi mereka juga terdampak adanya pandemi Corona.

Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, dana zakat yang sedianya akan dibagikan pada bulan Ramadhan itu sebesar Rp 1 miliar. “Namun akan kita buat untuk mengatasi dampak Corona pada ekonomi warga miskin,” ucapnya, Selasa (31/3/2020).

Langkah ini diambil oleh pihaknya, mengingat saat ini tak sedikit masyarakat, khususnya pekerja informal yang terganggu perekonomiannya. “Banyak masyarakat yang perekonomiannya mandek. Seperti para penjual makanan di sekolah, kan libur sekolah,” lanjutnya.

Maka dari itu, Baznas mempercepat pembagian dana tersebut. Baznas akan menggunakan Rp 1 miliar untuk belanja beras. Diperkirakan akan ada 20 ribu paket beras 5 kilogram. Beras itu kemudian dibagikan pada warga miskin.

Untuk target penerima bantuan sembako ini, Baznas Lumajang bekerjasama dengan pihak kecamtan dan desa. Data warga yang berhak menerima bantuan itu akan didapat dari masing-masing desa.

“Namun ini khusus bagi warga yang tidak ikut PKH (Program Keluarga Harapan),” ucap Atok.

Sejauh ini, Baznas masih melakukan proses pendataan. Diharapkan, secepatnya beras itu bisa segera terdistribusikan pada warga yang tidak mampu. “Saat ini kita masih terus melakukan proses persiapan,” ujarnya.

Selain bantuan sembako, sebelumnya Baznas Lumajang telah melakukan aksi penyemprotan disinfektan di sejumlah titik. “Kita juga sudah membagikan masker dan hand sanitizer pada masyarakat,” pungkasnya. (fit)