Bea Cukai Amankan 2 Juta Batang Rokok Ilegal

Lumajang, Motim - Bea Cukai Probolinggo berhasil mengamankan 2 juta lebih batang rokok ilegal di Kabupaten Lumajang. Rokok ilegal itu ditemukan di wilayah Kecamatan Senduro berdasarkan laporan dari masyarakat.
Bea Cukai Probolinggo menunjukan rokok ilegal yang diamankan di Lumajang
Bea Cukai Probolinggo menunjukan rokok ilegal yang diamankan di Lumajang
Diperkirakan nilai barang itu mencapai Rp 2,5 miliar. Dan kerugian negara ditaksir mencapai Rp 1,4 miliar. Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Probolinggo, Andi Hermawan menyampaikan, jumlahnya tersebut merupakan yang terbesar di Lumajang.

“Kami tidak akan mentolelir segala tindakan yang melanggar ketentuan di bidang cukai,” ujar Andi ketika konferensi pers sesuai yang dirilis Dinas Komunkasi dan Informatika (Diskominfo) Lumajang.

Pemiliknya, diketahui berinisial SY saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan sudah menjalani proses hukum. Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Lumajang, Wahyuning Indriasih menjelaskan bahwa penindakan yang dilakukan oleh Bea Cukai Probolinggo tak lepas dari adanya sosialisasi yang dilaksanakan di Lumajang.

Ia menegaskan ketika pedagang eceran telah paham dan menolak rokok ilegal maka mata rantai peredaran rokok ilegal dapat terputus dengan sendirinya. Selain pedagang rokok eceran, berbagai komunitas, pegiat sosial, tokoh masyarakat juga diharapkan dapat berperan.

“Kita berharap kedepan masyarakat, semakin banyak masyarakat yang peduli terhadap gerakan Gempur Rokok Ilegal ini,” ujarnya, Kamis (12/3/2020). (fit)