Desa Karangsari Lakukan Penyemprotan Disinfektan Buatan Sendiri

Penyemprotan disinfektan di Desa Karangsari
Penyemprotan disinfektan di Desa Karangsari
Lumajang, Motim - Sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes) di Kabupaten Lumajang sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di wilayahnya masing-masing. Langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan Virus Corona (Covid-19).

Cairan disinfektan yang disemprotkan itu buatan sendiri. Pemdes memanfaatkan produk pembersih lantai dan pemutih pakaian. Seperti yang dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Sukodono, Kamis (26/3/2020).

Dua produk rumah tangga itu dicampur air dengan takaran sesuai petunjuk dari petugas kesehatan. Cairan disinfektan kemudian dimasukkan ke dalam alat semprot. “Cairan ini dibuat sesuai panduan dari Dinas Kesehatan,” kata Kepala Desa Karangsari, Sugiantoro.

Ia menyampaikan, penyemprotan disinfektan ini dilakukan, menindaklanjuti himbauan dari Pemerintah Pusat, Pemprov Jatim, dan Pemkab Lumajang. “Melalui camat juga memberikan instruksi pada desa untuk pencegahan Virus Corona,” ujarnya.

Penyemprotan dilakukan menyeluruh ke semua lingkungan desa. Baik itu rumah warga, tempat ibadah, dan tempat umum lainnya. “Kebetulan di Karangsari ada 14 RW dan 42 RT,” ungkapnya.

Selain penyemprotan oleh pihak desa, Ia berharap, warga bisa melakukan penyemprotan secara mandiri di rumahnya dan di lingkungan sekitarnya. “Masyarakat bisa melakukan pencegahan sendiri dengan penyemprotan secara mandiri,” ucapnya.

Sugiantoro menegaskan, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar untuk sementara menunda kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. “Sudah Saya himbau, seperti yang punya hajat, sesuai dengan perintah dari Pemerintah Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Sejauh ini menurutnya, warga masyarakat Desa Karangsari sudah menyadari dan mau menuruti instruksi tersebut. “Alhamulillah masyarakat yang akan punya hajat, menyadari akan dampak apabila dilakukan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak,” pungkasnya.(fit)