Diduga Ada Penyalahgunaan Gula Rafinasi di Lumajang

Lumajang, Motim - Sejak lama diketahui ada pendistribusian gula rafinasi ke wilayah Lumajang. Ada pihak yang menyuplai gula tersebut ke industri gula merah di beberapa tempat. Namun diduga selama ini ada penyalahgunaan gula rafinasi itu.
Pendistribusian gula rafinasi di Lumajang
Pendistribusian gula rafinasi di Lumajang
Seperti diketahui, gula tersebut tidak dijual bebas di pasaran karena berbahaya jika dikonsumsi langsung. Gula rafinasi harus diolah dengan benar oleh industri makanan dan minuman. Sementara Dinas Kesehatan Lumajang menyebut, belum pernah mengeluarkan izin untuk industri gula merah di Lumajang.

Kepala Dinas Perdagangan Lumajang Khairil Diani, saat dikonfirmasi terkait ini, mengaku baru saja mendapat informasi terkait maraknya pengolahan gula merah rafinasi di Lumajang. Ia pun sudah memerintahkan anak buahnya untuk melakukan pengecekan.

“Jadi, kami barusan memang mendengar informasi dan teman-teman Saya minta untuk melacak ke lapangan,” ujarnya.

Ia menegaskan, sejauh ini, masih belum melakukan pengecekan apakah gula rafinasi itu sudah diolah sesuai aturan atau tidak. “Kami belum mengecek kembali. Apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan sebagai mana UPT Perlindungan Konsumen,” jelasnya.

Namun Khairil menyebut, terkait perizinan, kata dia, masih menjadi kewenangan pusat dalam hal ini oleh Propinsi. “Sementara untuk perizinan kami tidak punya kewenangan. Jadi untuk perlindungan konsumen memang masih sebagian ditangani pusat yang diwakili pemerintah propinsi,” ungkapnya. (fit)