Dinas Pertanian: Produksi Durian di Lumajang Capai 3.923 Ton Per Tahun

Lumajang, Motim - Kabupaten Lumajang nampaknya menjadi salahsatu daerah dengan jumlah produksi durian yang cukup banyak. Buktinya, dalam setahun total ada ribuan ton durian yang dapat dihasilkan.
Durian Lumajang
Durian Lumajang
Dinas Pertanian Lumajang mencatat, total produksi durian di Lumajang mencapai 3.923 ton per tahun. Atau sekitar 1,42 persen dari total produksi durian di Jawa Timur.

Lumajang sendiri memiliki berbagai jenis varietas durian lokal. Diantaranya durian kukus, durian bungkik, durian santri, dan durian senja pelangi. Namun ada varietas yang bisa dibilang spesial, yakni durian kembang.

Durian kembang memiliki rasa legit, pahit dan manis. Disebut durian kembang, karena apabila dibelah ada bunga atau kembang dalam bahasa Jawa. Durian jenis ini akan diajukan sebagai durian khas Lumajang.

Dinas Pertanian Lumajang pun telah menyelanggarakan Serbu Durian Lumajang di Pasar Agropolitan Seroja, Kecamatan Senduro, Sabtu (29/2/2020). Sekaligus ini merupakan event pertama dalam Kalender Event Tahunan Kabupaten Lumajang 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo yang hadir dalam acara itu menyatakan, pihaknya akan turut mempromosikan varietas durian yang ada di Lumajang. Bahkan ia juga siap membantu varietas durian lokal Lumajang bersertifikat.

“Khusus durian dari Lumajang ini kami siap membantu untuk bersertifikat,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga merasa takjub karena event ini dikemas dengan konsep wisata yang tentunya tidak hanya dapat dijadikan wadah promosi produk hortikultura Lumajang, tetapi juga dapat mempromosikan potensi budaya Lumajang. (fit)