FOZ Ajak Masyarakat Percepat Bayar Zakat Mal untuk Penanganan Corona

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang melakukan koordinasi dengan semua lembaga zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) di Lumajang. Selain Baznas, anggota FOZ ini terdiri dari Lazisnu, Lazismu, YDSF, Yatim Mandiri, BMH, BMSI, dan Kemenag.
FOZ Lumajang berkoordinasi menangani pandemi Corona
FOZ Lumajang berkoordinasi menangani pandemi Corona
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, koordinasi ini dilakukan untuk membahas langkah dalam penanganan pandemi Virus Corona. Ada dua langkah yang akan dilakukan FOZ.

Pertama, FOZ mengajak masyarakat untuk mempercepat pembayaran zakat mal. “Masyarakat yang sudah punya penghasilan tetap dan mencapai nisab agar menyegerakan pembayaran zakatnya, tidak harus menunggu akhir tahun,” kata Atok, Selasa (31/3/2020).

Sehingga dana zakat yang terkumpul itu, bisa segera dimanfaatkan untuk masyarakat yang terdampak pandemi Corona. Khususnya di wilayah Lumajang. “Karena dampak pada perekonomian ini luar biasa,” ucapnya.

Langkah kedua, FOZ akan menyalurkan dana zakat itu ke warga miskin atau yang terdampak. “Masing-masing lembaga akan membagikan paket beras pada kaum duafa,” ujar Atok pada Memo Timur.

Ia menambahkan, pandemi Corona ini memang berdampak pada perekonomian warga. “Kita lihat dampaknya luas. Jadi masyarakat yang punya usaha lalu berhenti, dan tak dapat pemasukan lagi. Itu yang akan kita sasar nanti,” pungkasnya. (fit)