Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar, Status Masih Waspada

Lumajang, Motim - Gunung Semeru kembali kembali memuntahkan lava pijar. Pantauan dari Kecamatan Pronojiwo, Selasa (3/3/2020), lava pijar terlihat mulai pukul 17.30 WIB hingga dini hari. Namun status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, tetap berada di Waspada Level II.
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar
Warga setempat, Siswanto, mengatakan, lava pijar Gunung Semeru sudah terlihat setiap malam dalam sepekan terakhir. Namun kali ini lava pijar yang terlihat lebih besar dari sebelumnya.

“Sore tadi terpanjang, mengeluarkan awan panas, durasinya juga panjang,” katanya.

Ia mengatakan, kondisi ini sempat membuat masyarakat khawatir. Apalagi masyarakat Pronojiwo yang berada di luar kota. “Sempat khawatir karena memang besar. Apalagi yang ada di luar kota, banyak yang tanya kondisi desa,” ucapnya.

Sementara siang sebelumnya, awan panas terlihat keluar dari mulut Semeru sejauh 3 kilometer. Masyarakat pun dihimbau agar tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer dan wilayah sekitar empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, hingga saat ini kondisi Semeru masih aman. “Masih aman tetap level 2,” ucapnya. (fit)