Harga Gula Mahal, Operasi Pasar Batal Dilaksanakan

Lumajang, Motim - Harga gula pasir di Kabupaten Lumajang melonjak naik akhir-akhir ini. Pantaun terakhir, harga gula pasir di Pasar Baru Lumajang menembus Rp 18 ribu per kilogram. Mahalnya harga gula ini, sudah terjadi sejak beberapa minggu lalu.
Gula pasir
Gula pasir
Dinas Perdagangan (Dindag) Lumajang sebelumnya telah merencanakan adanya operasi pasar untuk menekan harga gula pasir. Namun rencana itu terpaksa dibatalkan. Mengingat situasi dan kondisi saat ini di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19).

Kepala Dindag Lumajang, Hairil Diani mengatakan, pihaknya terpaksa membatalkan rencana ini demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Karena kegiatan tersebut tentunya berpotensi menjadi pusat keramaian.

“Kami mohon maaf, karena saat ini dalam kondisi waspada virus corona, jadi kami harus menunda dulu Operasi Pasar Mandiri komoditas gula pasir yang rencananya sekarang ini sampai dengan waktu yang belum ditentukan,” ujarnya.

Hairil juga menyampaikan, masih belum dijadwalkan lagi kapan rencana operasi pasar itu akan digelar. Menurutnya masih menunggu adanya arahan dari pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten.

“Kita hindari masyarakat berkumpul. Jadi pertimbangannya itu, sehingga kita berkebijakan untuk bisa membatalkan atau menunda pelaksanaan ini sampai dengan waktu yang memungkinkan,” pungkasnya. (fit)