Harga Gula Pasir Tembus Rp 17 Ribu Perkilogram

Lumajang, Motim - Harga gula pasir akhir-akhir ini terus merangkak naik. Saat ini harganya sudah menembus Rp 17 ribu perkilogram. Padahal pada bulan lalu, harganya jauh di bawahnya. Masih di kisaran Rp 12 ribu perkilogram.
Pedagang gula pasir
Pedagang gula pasir
Sekretaris Dinas Perdagangan Lumajang, Drs. Aziz Fahrurrozi menyampaikan, secara umum, sebenarnya harga kebutuhan pokok terpantau normal. Hanya gula pasir saja, yang harganya melambung tinggi.

“Normalnya, harganya di kisaran Rp 12 ribu sampai 15 ribu perkilogram,” katanya, Rabu (18/3).

Untuk mengatasi kenaikan harga ini, pihaknya akan melakukan operasi pasar secepatnya. Demi menstabilkan harga kembali. Dinas Perdagangan Lumajang akan bekerjasama dengan pihak PG Jatiroto.

“Informasinya kita akan mendapat jatah 1,5 ton,” ungkapnya.

Rencananya operasi pasar itu hanya akan digelar di Pasar Baru Lumajang saja. Nantinya para pembeli dibatasi jumlah pembeliannya. “Nanti masyarakat gak boleh beli lebih dari 2 kilogram,” ujar Aziz.

Sementara untuk harga, sesuai harga normal yang dijual PG Jatiroto. Yakni sekitar Rp 12 ribu perkilogram. Sejauh ini, pihaknya masih belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebab naiknya harga gula pasir.

“Kalau sesuai hukum pasar, jika permintaan banyak, maka harga juga akan naik,” pungkasnya. (fit)