Kandang Ternak di Kunir Terbakar, 23 Ribu Ekor Ayam Ludes

Lumajang, Motim - Sebuah kandang ternak ayam di Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir terbakar, Rabu (25/3/2020) dini hari. Akibatnya, sebanyak 23 ribu ekor ayam yang ada di dalamnya tewas terpanggang semuanya.
Petugas berupaya memadamkan api yang membakar kandang ayam
Petugas berupaya memadamkan api yang membakar kandang ayam
Dari keterangan warga setempat, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 2 dini hari. Warga yang mengetahui pertama kali, melihat api sudah dalam keadaan membesar. Sementara penjaganya, yang di dekat lokasi, saat itu sedang tertidur.

Warga pun kemudian membangunkan penjaga kandang milik Joko Purwanto, warga Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember. Peristiwa ini juga dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang dan diteruskan ke Pemadam Kebakaran Lumajang.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, petugas datang ke lokasi sekitar pukul 03.45 WIB. Upaya pemadaman pun langsung dilakukan.

Sekitar 2 jam melakukan pemadaman, akhirnya api bisa dipadamkan total. “Sekitar pukul 06.30 WIB api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Kabupaten Lumajang bersama TRC PB BPBD Kabupaten Lumajang dibantu warga dan aparat setempat,” ucap Wawan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kandang berukuran 100 meter kali 12 meter itu ludes terbakar beserta 23 ribu ekor ayam di dalamnya. “Total kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar,” jelas Wawan.

Hingga saat ini, masih diketahui apa penyebab dari kebakaran tersebut. Kejadian ini sudah ditangani oleh pihak kepolisian. “Masih dalam proses penyelidikan kepolisan,” pungkas Wawan. (fit)