Kwartir Ranting Candipuro akan Lakukan Penghijauan di Kawasan Piket Nol

Lumajang, Motim - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Candipuro akan melakukan aksi penghijauan di kawasan Piket Nol. Selain anggota Pramuka Kwartir Ranting Candipuro, kegiatan ini juga akan banyak diikuti berbagai komunitas dan organisasi lainnya.
Koordinator Kegiatan Agus Prasetyo
Koordinator Kegiatan Agus Prasetyo
Koordinator Kegiatan, Agus Prasetyo menyampaikan, aksi penghijauan ini merupakan rangkaian kegiatan Kemah Bakti Alam yang digelar oleh Kwartir Ranting Candipuro. Kemah tersebut dilaksanakan selama 2 hari, pada 20-21 Maret 2020 di Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Di hari kedua, mereka akan menggelar aksi penghijauan di kawasan Piket Nol, tepatnya di kilometer 58. Rencananya Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang juga sebagai Ketua Kwarcab Lumajang akan ikut hadir.

“Kita juga mengundang teman-teman komunitas pecinta alam, jurnalis, pihak Perhutani, dan juga lainyya,” kata Agus Prasetyo, Senin (9/3/2020).

Kenapa dipilih di kilometer 58, menurutnya untuk mengurangi resiko longsor di sana. “Untuk pemilihan area, kita sudah mensurvey dari bawah sampai atas. Yang paling berbahaya, yang paling butuh penghijauan adalah di kilometer 58,” ucapnya.

Nantinya ada 500 lebih bibit yang akan ditanam di sana. “Yang kita tanam, adalah bibit pohon buah-buahan. Ada durian, pete, dan lainnya,” ucapnya.

Ia berharap, aksi penghijauan ini juga tak berhenti sampai sini saja. Namun juga ada tindak lanjutnya. Pihaknya akan terus melakukan perawatan agar bibit yang ditanam itu bisa benar-benar tumbuh dengan baik. (fit)