Masker Mulai Langka di Lumajang

Lumajang, Motim - Stok masker di toko maupun apotek di Lumajang nampaknya mulai terbatas. Banyak penjual yang sudah kehabisan stok masker, karena tingginya permintaan masyarakat akhir-akhir ini. Sehingga masker mulai langka.
Masker
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius menegaskan, salahsatu alasan kelangkaan ini adalah, ada kepanikan di masyarakat terkait adanya wabah Virus Corona.

“Sehingga orang sehat turut berburu masker. Justru masyarakat yang sakit itu seharusnya yang memakai, sehingga masyarakat yang sakit pun mau membeli masker justru tidak ada sekarang,” ungkapnya, Selasa (17/3/2020).
Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik dalam mencegah penyebaran Covid-19. Menurutnya, penularan dapat dicegah dengan cara membiasakan diri untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.
“Jadi prinsip-prinsip pencegahan yang sudah disebarluaskan itu mohon dijadikan acuan, karena kuman corona ini menempel dimana-mana dengan radius sekitar satu sampai dua meter,” terangnya.
Bayu mengatakan, bahwa kini kelangkaan persediaan masker telah menjadi isu hangat yang diperbincangkan oleh masyarakat. Meskipun hingga saat ini di Lumajang dinyatakan nihil.
Soal persediaan masker, menurutnya bukanlah tanggungjawab dari pemerintah. Dikarenakan bahan itu berasal dari pabrik. Sementara persediaan masker di Dinas Kesehatan pun juga hanya untuk pelayanan kesehatan di puskesmas.
“Keterbatasan masker sendiri sampai langka itu bukan kewenangan kami untuk membuat regulasi, jadi memang kita tidak mengatur sampai sana, kenapa bisa habis, justru dampaknya ini kepada kami, kami yang mestinya butuh masker jadi kehabisan masker,” katanya.(fit)