Masyarakat Dilarang Urus E-KTP melalui Calo

Kantor Dispendukcapil Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim - Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengingatkan masyarakat, agar mengurus sendiri Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) maupun dokumen kependudukan lainnya. Masyarakat dilarang mengurus melalui calo. Karena pelayanan kini sudah mudah dan gratis.

“Gratis, datang sendiri, jangan pakai calo mangkanya,” ujar Indah ketika mengunjungi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Lumajang, Jumat (6/3/2020) lalu.

Lanjutnya, masyarakat bisa datang sendiri dengan membawa persyaratan yan dibutuhkan ke Kantor Kecamatan atau Dispendukcapil. Menurutnya Pemkab Lumajang sudah berupaya memperbaiki pelayanan agar semakin mudah dan cepat.

Untuk pengurusan E-KTP, saat ini masyarakat tak perlu menunggu berbulan-bulan lagi untuk mendapatkanya. Karena stok blangko E-KTP sudah banyak. Jadi, bisa langsung jadi dalam sehari saja.

“Mengurus sekarang datang ke Kantor Kecamatan bisa langsung cetak,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Untuk masyarakat yang masih memegang Surat Keterangan (Suket) E-KTP akan dituntaskan dalam waktu dekat. Bagi masyarakat yang masih memegang Suket bisa atang ke tempat pengajuan awal pengurusan administrasi kependudukan.

Sementara Kepala Dispendukcapil Lumajang Agus Warsito Utomo menambahkan, keterbatasan stok blangko e-KTP sudah teratasi. Masyarakat pemegang Suket E-KTP atau yang mengurus pada bulan Januari hingga Februari 2020 akan segera dituntaskan.

“Surat Keterangan kita tuntaskan dan dilarang mencetak Suket lagi karena pusat sudah berjanji untuk menyediakan, kemarin teman-teman Dispendukcapil sudah berangkat lagi untuk mengambil blangko, dan pengurusan Januari hingga Februari akan kita tuntaskan,” jelasnya. (fit)