Padang Savana di Pandanwangi Mulai Banyak Dikunjungi

Lumajang, Motim - Padang savana yang ada di Desa Pandawangi, Kecamatan Tempeh mulai banyak dikunjungi masyarakat. Tempat ini ramai jadi lokasi untuk berswafoto setelah banyak diperbincangkan di media sosial.
Padang Savana di Desa Pandanwangi
Padang Savana di Desa Pandanwangi
Sebelum ramai, selama ini tempat itu oleh masyarakat sekitar dijadikan lahan untuk menggembala kerbau. Lokasinya yang luas, dan memiliki beberapa kubangan air merupakan lahan yang cocok untuk mengembala kerbau.

Saat ini pun masih banyak sekali dijumpai kerbau milik masyarakat sekitar. Salahsatu pengunjung, berkunjung ke sana karena penasaran setelah melihat unggahan foto dari warganet di facebook.

“Dengar kabar dari facebook, kalau ada padang savana di desa ini,” kata Subhan, warga Kecamatan Candipuro, Kamis (12/3/2020).

Dia menilai kondisi tempat itu masih sangat alami. Tidak ada campur tangan manusia. Dia berharap, meski nantinya akan ramai dengan pengunjung keaslian Padang Savana ini bisa tetap terjaga.

“Harapannya sih, kalau nanti ramai yang datang, pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di sini,” tuturnya.

Mista, warga sekitar menjelaskan, awalnya tempat tersebut merupakan lokasi pantai. Semakin tahun pantai yang membawa pasir menyebabkan bibir pantai bergeser kearah selatan. “Pancer ini dulunya,” katanya.

Lanjutnya, air yang terbendung di pancer tersebut sudah bercampur dengan air tawar. “Lama kelamaan bercampur dengan tanah juga, musim hujan ini rumputnya jadi banyak seperti sekarang,” ungkapnya. (fit)