Pasca Banjir, Hewan Ternak Kembali Dibawa Pulang

Lumajang, Motim - Hewan ternak milik warga di Desa Rowokangkung dan Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung harus diungsikan saat banjir melanda. Namun Selasa (3/3/2020), ketika banjir sudah surut, hewan ternak kembali dibawa pulang ke rumah masing-masing.
Warga membawa pulang hewan ternak setelah banjir surut
Warga membawa pulang hewan ternak setelah banjir surut
Terlihat para pemilik hewan ternak, membawa sapi atau kambingnya dari tempat pengungsian ternak ke rumahnya. Ada cukup banyak hewan ternak yang harus diungsikan saat banjir melanda.

“Hewan ternak sudah dibawa kembali pulang, kemarin sempat diungsikan semuanya,” kata Kepala Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Seperti diketahui, meski ada ratusan rumah warga yang terendam banjir, sejak Senin (2/3/2020), dini hari. Namun tak ada warga yang pergi mengungsi. Mereka memilih bertahan di rumah masing-masing. Justru hewan ternak yang diungsikan.

“Khawatir terjadi apa-apa pada ternaknya, sehingga diungsikan,” ujar Wawan.

Saat hewan ternak diungsikan di tempat yang aman, namun warga juga sempat kesulitan mendapat pakan. Namun Dinas Pertanian Lumajang memberikan bantuan pakan ternak milik warga yang terdampak banjir.

“Kami sudah siapkan kebutuhan pakan ternak di Desa Sidorejo 94 ekor, bantuan pakan ini swadaya jajaran dinas pertanian,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman.

Paiman menyebutkan jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang akan terus berupaya mendampingi para peternak menghadapi permasalahan terutama saat kondisi banjir seperti saat ini. (fit)