Pelayanan Tetap Buka, Sat Lantas Sediakan Bilik Sterilisasi

Lumajang, Motim - Sat Lantas Pores Lumajang tetap membuka pelayanan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM) di tengah wabah Virus Corona (Covid-19). Namun petugas memperketat setiap orang yang akan berkunjung ke sana. Bahkan mereka harus masuk bilik sterilisasi lebih dulu.
Bilik sterilisasi di Kantor Samsat Sat Lantas Polres Lumajang
Bilik sterilisasi di Kantor Samsat Sat Lantas Polres Lumajang
Kasat Lantas Polres Lumajang, AKP Putu Angga Feryana, SH., SIK, menyampaikan, sejak adanya wabah Virus Corona, pihaknya mengambil langkah sesuai petunjuk dari Kapolri. khususnya terkait pelayanan publik.

Jam operasional pelayanan pun ada perubahan dari sebelumnya. “Kami diperintahkan buka jam operasional dari pukul 8 pagi hingg 12 siang untuk Senin sampai Kamis. Untuk Jumat dan Sabtu buka pukul 8 pagi sampai 11 siang,” ucapnya, Kamis (26/3/2020).

Sementara untuk pelayanan lainnya, seperti SIM keliling atau Samsat Keliling, sementara waktu ditiadakan. “Hanya Samsat Induk yang diizinkan beroperasi dengan mempertimbangkan protokol pelayanan publik,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ketika ada pemohon yang datang, harus dalam keadaan steril. Pertama, mereka cuci tangan di wastafel yang disediakan. Kemudian masuk ke bilik sterilisasi. “Sudah kami siapkan, saat masuk juga diarahkan untuk menggunakan hand sanitizer dan masker. Kemudian dicek suhu tubuhnya,” ucap dia.

Tak hanya itu, ketika berada di ruang tunggu, pemohon juga harus duduk dengan jarak kurang lebih 1 meter dengan yang lainnya. Begitu ketika menjalani ujian praktek, pemohon juga wajib menjaga jarak aman.

“Ketika uji praktek juga sama, menjaga jarak aman. Jadi protokol tersebut kami terapkan untuk mencegah penularan Virus Corona di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. (fit)