Penanganan Sementara Tangkis Genitri Gunakan Tiang dari Rel

Lumajang, Motim - Penanganan sementara akan kembali dilakukan pada tangkis Sungai Genitri yang jebol di Desa/Kecamatan Rowokangkung. Namun penanganan kali ini, akan lebih diperkuat dari sebelumnya.
Sisa banjir akibat jebolnya tangkis Sungai Genitri
Sisa banjir akibat jebolnya tangkis Sungai Genitri
Hal ini harus segera dilakukan, untuk mengantisipasi adanya banjir susulan. Mengingat hujan deras hampir terjadi setiap hari di kawasan Kabupaten Lumajang.

“Antisipasi hujan, sekarang ini kita siap, dibawa komando Pak Inggi (Kades) Rowokangkung. Kita akan menutup tangkis yang jebol kemarin. Dan berkoordinasi dengan DPUTR Kabupaten untuk penanganan darurat,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Rabu (4/3/2020).

Lanjutnya, DPUTR Lumajang juga masih melakukan proses kajian untuk penanganan sementara ini. “Kalau untuk saknya kita sudah siap, tinggal tiang pancangnya,” ujarnya.

Wawan menegaskan, jika sebelumnya tiang pancangnya menggunakan bambu, kali ini akan diperkuat mengunakan besi. “Yang kemarin dari bambu, menahan kurang kuat,” ucap Wawan pada Memo Timur.

Untuk tiang pancang ini, BPBD sudah berkoordinasi dengan pihak PG Jatiroto, agar bisa membantu menyediakan tiang pancang dari rel. “Kita upayakan, karena desakan atau masukan dari teknisi harus dengan rel kereta api,” terangnya.

Kemudian untuk penanganan permanen masih menunggu dari pihak Pemrov Jawa Timur. Karena ranahnya ada di sana. Sebelumnya hal ini sudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan semua pihak terkait. (fit)