Pengamanan Ketat, Napi di Lapas Lumajang Jarang Lakukan Pelanggaran

Lumajang, Motim - Kepala Pengamanan Lapas Klas IIB Lumajang, Bobby Cahya Permana menyampaikan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin melakukan pengamanan terhadap para narapidana. Pengamanan dilakukan secara ketat, sehingga jarang sekali napi melakukan pelanggaran.
Kepala Pengamanan Lapas Klas IIB Lumajang, Bobby Cahya Permana
Kepala Pengamanan Lapas Klas IIB Lumajang, Bobby Cahya Permana
Bobby menegaskan, sejauh ini Lapas Lumajang masih aman dan kondusif. “Intinya di Lapas Lumajang, para napi di sini aman kondusif. Tidak ada yang melakukan pelanggaran berat. Masih dalam tahap hijau,” katanya.

Ia juga menyebut, jarang sekali ada keributan antar napi. Jika pun ada keributan kecil, hal itu bisa secara cepat ditangani oleh petugas. Napi yang terlibat keributan tersebut, langsung ditindak agar jera.

“Apabila di sini ada pelanggaran, napi tersebut akan langsung kita masukkan di sel khusus. Jadi tak bisa keluar dari kamar tersebut. Perkiraan dia akan tinggal di situ, satu minggu sampai satu bulan,” jelasnya.

Lanjutnya, ketika ada napi yang sedang berkonflik dengan napi lainnya, pihaknya langsung berusaha menengahi untuk menyelesaikan masalah itu. “Langsung kita damaikan, apabila tidak bisa, langsung kita masukan ke sel khusus,” ujarnya.

Bobby menambahkan, pihaknya juga siap mensukseskan Resolusi Pemasyarakatan yang sudah dideklarasikan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Ada 15 poin yang telah dideklarasikan. (fit)