Pohon Tumbang di Kedungjajang Timpa Truk Tronton

Lumajang, Motim - Sebatang pohon berdiameter cukup besar yang berada di pinggir Jalan Raya Kedungjajang, tumbang, Senin (23/3/2020). Pohon tersebut menimpa truk troton yang sedang melintas. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.
Kondisi truk tronton ketika tertimpa pohon tumbang
Kondisi truk tronton ketika tertimpa pohon tumbang
Peristiwa tersebut terjadi tepat di Dusun Darungan Kidul, Desa Curahpetung, Kecamatan Kedungjajang sekitar pukul 9 pagi. Diduga pohon jenis trembesi berdiamater 90 sentimeter lebih itu tumbang karena akar yang sudah lapuk.

“Sebelumnya hujan deras dan akar pohon tidak mampu menahan pohon,” kata Kepala Bidang Pecegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.

Saat tumbang, kondisi lalu lintas tidak begitu ramai. Tak banyak kendaraan yang melintas. Pas ketika hanya truk tronton dengan nomor polisi 6089 UZ itu melintas di sana. Truk tanpa muatan itu pun mengalami kerusakan di sisi bagian depan.

Akibat kejadian ini, lalu lintas sempat terganggu. Patahan pohon menutupi sebagian jalan. Petugas yang datang ke lokasi langsung mengatur lalu lintas. Agar tidak terjadi kemacetan yang panjang. Sistim jalur satu arah diberlakukan.

Petugas lainnya berupaya mengevakuasi pohon tersebut. Butuh waktu sekitar satu jam setengah, pohon tersebut bisa dibersihkan dari jalan maupun truk tronton tersebut. “Sekitar pukul 10.40 WIB, arus lalu lintas bisa kembali normal,” pungkas Wawan. (fit)