Puspa Semeru Gelar Bursa Tanaman Hias di Alun-Alun

Lumajang, Motim - Paguyuban pecinta tanaman hias, Puspa Semeru menggelar bursa tanaman hias di Alun-Alun Lumajang. Acara ini digelar selama sepekan, pada 7-15 Maret 2020 untuk memperingati Hari Jadi Puspa Semeru yang ke-2 tahun.
Bursa Tanaman Hias yang digelar oleh Puspa Semeru di Alun-Alun
Bursa Tanaman Hias yang digelar oleh Puspa Semeru di Alun-Alun
Ketua Paguyuban Puspa Semeru, Muhammad Sofi menjelaskan, selain bursa tanaman hias, ada beberapa kegiatan lainnya. “Ada lomba mewarnai tingkat TK, pembagian seribu tanaman hias kepada murid-murid untuk menumbuhkan kecintaan pada tanaman hias,” ungkapnya, Senin (9/3/2020).

Dalam bursa kali ini, banyak macam tanaman hias yang tersedia. Rata-rata tanaman itu hasil dari para petani tanaman hias di Lumajang. “Dari sepatu filum, aglonema, anggrek, dan lain-lain,” ucap dia.

Lanjutnya, yang dijual dalam bursa tersebut, paling banyak memang untuk jenis-jenis yang sering dikoleksi. Dengan harga yang banyak dijangkau oleh masyarakat. Paling mahal sampai Rp 300 ribu.

Menurutnya saat ini di Lumajang khususnya, ada 3 jenis tanaman hias yang lagi populer atau banyak dikoleksi. Yakni anggrek, philodendron, dan aglonema. “Itu yang lagi booming sekali,” kata Sofi.

Untuk philodendron, Ia menjelaskan merupakan tanaman hias dalam ruangan. Harga bisa mencapai jutaan. “Harganya saat ini untuk tiga daun bisa mencapai Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta. Kurang lebih segitu,” tuturnya.

Sofi menambahkan, Puspa Semeru terbentuk dari inisiatif orang-orang yang berkecimpung di tamanaman hias. “Akhirnya kita berkumpul dan sepakat membentuk paguyuban dan diberi nama Puspa Semeru,” jelasnya.

Paguyuban yang berdiri sejak Maret 2018 ini, selain diikuti para pecinta tanaman hias, juga ada para petani bunga dan pedagang bunga. “Anggota kita sekarang sudah lebih dari 70 orang,” pungkasnya. (fit)