Rawan Kriminalitas, Polres Lumajang Bentuk Unit Anti Bandit

Kapolres mengukuhkan anggota Unit Anti Bandit. (*) 
Lumajang, Motim - Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar membentuk Unit Kecil Lengkap Reaksi Cepat (UKLRC) Anti Bandit. Unit ini dibentuk untuk mengatasi kriminalitas yang rawan terjadi di Kabupaten Lumajang. Seperti aksi begal motor dan pencurian hewan ternak.

Anggota unit ini sudah dikukuhkan kapolres yang sekaligus meresmikan Pos UKLRC Anti Bandit di Jalan PB Sudirman Lumajang, Sabtu (14/3/2020). Kapolres menyampaikan, anggota Unit Anti Bandit merupakan gabungan dari Tim Panther dan Tim Cbra.

Tugas utama Unit Anti Begal adalah bergerak cepat ketika tindak kriminalitas terjadi. Anggota harus cepat datang ke lokasi kejadian dan memburu pelaku kejahatan tersebut.

"Diharapkan tim ini mampu beraksi cepat dalam mendatangi kejadian dan cepat dalam memberantas segala bentuk aksi kejahatan," ujar kapolres.

Kapolres menegaskan, karakteristik wilayah di Lumajang sangatlah komplek. Sehingga dibutuhkan unit khusus untuk menjangkau semua wilayah dengan cepat ketika ada tindak kriminalitas terjadi.

"Khususnya ketika terjadi pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian motor (curanmor), dan pencurian hewan (curwan)," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, anggota Unit Anti Bandit mensimulasikan penangkapan begal yang selalu meresahkan masyarakat. Dengan menggunakan motor trail, anggota melakukan aksi pengejaran hingga berhasil menangkap begal tersebut. (fit)