Sabun Cuci Tangan yang Disediakan di Tempat Umum Dicuri

Lumajang, Motim - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menyediakan tempat cuci tangan di beberapa tempat umum. BPBD menyiapkan air dan sabun cuci tangan agar masyarakat mudah mencuci tangan. Sebagai antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19).
Tempat cuci tangan yang disediakan oleh BPBD Lumajang
Tempat cuci tangan yang disediakan oleh BPBD Lumajang
Namun sayangnya, fasilitas yang disediakan itu justru dijahili oleh orang tak bertanggungjawab. Ada sabun cair yang disediakan di salahsatu titik tiba-tiba hilang. Diduga sabun itu dicuri oleh seseorang.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, sabun yang hilang itu di tempat cuci tangan di Terminal Minak Koncar. Sabun itu diketahui hilang, Rabu (25/3/2020).

Wawan pun menyayangkan kondisi ini. Karena masyarakat seharusnya bisa menjaga fasilitas yang disediakan. Apalagi upaya yang dilakukan oleh pihaknya ini guna memutus penyebaran Virus Corona di Lumajang.

“Yang jelas kita sudah berusaha memutus penyebaran Virus Corona. Minimal dengan rajin menyuci tangan. Mangkanya BPBD berusaha menempatkan tempat cuci tangan di titik-titik keramaian. Supaya masyarakat yang berada di sana, rajin mencuci tangan,” ucapnya, Kamis (26/3/2020).

“Kita juga menempatkan sabun sekalian. BPBD menghimbau agar warga turut menjaga, turut mengamankan. Karena itu semuanya demi kepentingan bersama. Supaya Lumajang terbebas dari Virus Corona,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, pihaknya mulai menempatkan tempat cuci tangan di tempat umum yang ramai, Selasa (24/3/2020). Tempat cuci tangan itu dipasang di 15 titik. Seperti di Alun-Alun, pasar, terminal, dan tempat lainnya.

“Untuk droping airnya, sehari kita lakukan dua kali, malam dan siang. Tapi jika habis, masyarakat di sekitarnya yang mau peduli, bisa juga mengisi,” ujarnya.

Wawan pun berharap, kedepan tak ada lagi kejadian kehilangan tersebut. Kemudian tempat cuci tangan yang tersedia bisa selalu dalam kondisi baik. “Mudah-mudahan masyarakat bisa sama-sama saling mengawasi. Sama-sama saling menjaga karena demi kepentingan bersama,” pungkasnya. (fit)