Sekda: Lumajang Punya Banyak Destinasi Wisata yang Potensial

Diseminasi Hasil Kajian Potensi Pariwisata Kabupaten Lumajang bersama Bakorwil V Jember dan BI Jember. (*)
Lumajang, Motim - Sekretaris Daerah Lumajang Agus Triyono menyampaikan, di Kabupaten Lumajang banyak sekali destinasi wisata yang potensial. Khususnya tempat wisata yang memiliki pemandangan indah dan layak untuk di nikmati wisatawan. Beberapa diantaranya menjadi wisata unggulan.

Hal itu Ia sampaikan dalam acara Diseminasi Hasil Kajian Potensi Pariwisata Kabupaten Lumajang bersama Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) V Jember dan BI Jember, pekan lalu.

"Kami juga punya fasilitas yang bagus di daerah Kecamatan Pronojiwo, dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca negara, salah satunya yakni wisata air terjun tumpak Sewu," terangnya.

Ia mengungkapkan, saat ini prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Lumajang adalah meningkatkan potensi wisata. Salahsatu destinasi yang sedang digarap serius adalah kawasan Ranu Pani.

Pada tahun 2020, ada revitalisasi kawasan wisata Ranu Pani yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan keasrian wilayah wisata Ranu Pani. Serta akan membangun rest area, amphitheater dan homestay agar menarik wisatawan yang berkunjung lebih banyak lagi.

"Wisata Ranu Pani merupakan gagasan Bupati Lumajang untuk pengembangan pariwisata," ujarnya.

Lanjutnya, Pemkab Lumajang akan terus semaksimal mungkin untuk mengenalkan tempat-tempat wisata yang ada di Lumajang, sehingga nantinya bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Lumajang. (fit)