Sengketa TK Dharma Wanita Sawaran Lor, Dispendik: Ranahnya Desa

Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq membuka paksa Gedung TK Dharma Wanita Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah yang sudah disegel selama 5 bulan oleh oknum warga setempat. Dasar penyegelan sendiri, karena lahan TK tersebut masih bersengketa.
Bupati membuka Gedung TK Dharma Wanita Sawaran Lor yang disegel
Bupati membuka Gedung TK Dharma Wanita Sawaran Lor yang disegel
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Agus Salim saat dikonfirmasi menegaskan, pihaknya tidak bisa ikut membantu menyelesaikan persoalan tersebut. Karena hal itu ranahnya kepala desa dan juga camat setempat.

“Mangkanya kita kemarin tidak cawe-cawe, itu ranahnya desa, camat, kades. Karena itu melekat di desa,” ucapnya.

Lanjutnya, untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), penyelenggaranya memang pihak desa. Tugas dari Dinas Pendidikan melakukan pembinaan. Seperti terkait teknis pembelajarannya, pembinaan gurunya, hingga perizinan.

“Karena kita yang tahu bagaimana kategori, bagaimana sistematikanya,” ucapnya.

Jadi, jika ada permasalahan terkait gedung maupun lahan yang ditempati, Dinas Pendidikan tidak bisa ikut menyelesaikan. “Pengelolanya murni yayasan, biasanya dalam yayasan itu ada Bu Kades. Kecuali yang negeri, itu kita yang kelola, tapi tidak banyak di Lumajang,” katanya.

Seperti diketahui, meski mendapat penolakan dari oknum warga setempat, Bupati bersama Camat Klakah tetap menyingkirkan bambu yang menutupi gerbang gedung TK tersebut, Jumat (28/2/2020). Kemudian dengan menggunakan tang, gembok gerbang dan pintu tersebut dibuka.

Thoriq menegaskan, penyegelan gedung secara sepihak ini tidak seharusnya dilakukan. Jika ada permasalahan sengketa lahan, maka harus diselesaikan lewat jalur hukum. “Kalau bermasalah, langsung lewat jalur hukum bukan dengan menutup paksa seperti ini,” tegas bupati.

Ia juga meminta agar Kepala Desa Sawaran Lor memberikan ketegasan dalam persoalan tersebut. Kades bisa mempertemukan pengurus TK, perwakilan wali murid, dan oknum warga terkait untuk menyelesaikan persoalan ini. (fit)