Tanggul Sementara Jebol, 700 Rumah di Rowokangkung Terendam

Lumajang, Motim - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Rowokangkung membuat tanggul sementara Sungai Genitri, Desa Rowokangkung jebol, Minggu (1/3/2020), malam. Akibatnya air meluber hingga ke pemukiman.
Polres Lumajang menyerahkan bantuan untuk korban banjir
Polres Lumajang menyerahkan bantuan untuk korban banjir
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, ada 2 desa yang terdampak. Yakni Desa Sidorejo dan Desa Rowokangkung. Lebih dari 700 rumah terendam hingga Senin (2/3/2020) siang.

Banjir terparah terjadi di Dusun Persil Genitri Kidul dan Persil Banter Desa Rowokangkung. Di Persil Genitri Kidul ada 248 kepala keluarga terdampak. Di Persil Banter ada 271 kepala keluarga terdampak.

Sementara di Desa Sidorejo, banjir hanya melanda kawasan Dusun Wungurejo. Di sana ada 272 kepala keluarga yang terdampak.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, mulai Minggu sekitar pukul 13.00 WIB, hujan deras terjadi di kawasan Kecamatan Rowokangkung.

Kemudian sekitar pukul 18.00 WIB, tanggul Sungai Genitri yang sebelumnya jebol dan ditangani sementara tak kuat menahan air. Terlihat mulai ada rembesan air. Akhirnya sekitar pukul 20.00 WIB, tanggul sementara itu jebol.

Air masuk ke perkebunan PG Jatiroto. Kemudian mulai masuk ke pemukiman sekitar pukul 22.00 WIB. Ketinggian air bahkan mencapai 60 sentimeter. Baru Senin dini hari, air pun masuk ke rumah warga.

Wawan menegaskan, pihaknya sudah mendirikan posko maupun tempat pengungsian di Balai Desa Sidorejo dan Rowokangkung. “Namun belum ada warga yang mengungsi. Warga masih bertahan di rumah,” ucapnya.

Akibat adanya banjir, aktifitas warga pun terganggu. Untuk membantu warga terdampak, suplai makanan terus dilakukan. “Kita juga berharap masyarakat Lumajang ikut membantu memberikan makanan dan kebutuhan lainnya,” kata Wawan.

Semantara, terlihat jajaran Polres Lumajang sudah datang ke lokasi dengan membawa bantuan makanan untuk warga. Menyusuri genangan banjir, Kapolres Lumajang AKBP Adewira Siregar memimpin penyerahan bantuan tersebut. (fit)