Tempat Cuci Tangan Disediakan di Pintu Masuk Pasar

Lumajang, Motim - Sejumlah upaya dilakukan Dinas Perdagangan (Dindag) Lumajang untuk mengantisipasi peyebaran Virus Corona (Covid-19) di pasar. Salahsatu cara yang dilakukan adalah menyediakan sejumlah tempat cuci tangan di lingkungan pasar. Khususnya di pintu masuk.
Sosialisasi cuci tangan di pasar
Sosialisasi cuci tangan di pasar
Kepala Dindag Lumajang, Aziz Fahrurrozi menyampaikan, saat ini pihaknya berupaya menyediakan tempat cuci tangan di semua pintu masuk pasar. Kebutuhan tiap-tiap pasar berbeda. Menyesuaikan jumlah pintu masuknya.

“Misal di Pasar Baru itu butuh 10, di Pasar Senduro butuh 6,” ucapnya, Senin (23/3/2020).

Sementara ini, tempat cuci yang tersedia, jumlahnya masih belum maksimal sesuai dengan jumlah pintu masuk. Tetapi sudah dipastikan, di semua pasar sudah ada tempat cuci tangan yang disediakan.

“Sudah kita instruksikan, agar di pintu masuk pasar menyediakan tempat cuci tangan. Ada sabun dan antisepktik. Semua pasar sudah ada, namun masih belum di semua pintu masuk. Secepat mungkin akan kita sediakan di semua pintu masuk,” kata Aziz.

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi pada masyarakat yang berkunjung ke pasar, baik pedagang atau pembeli untuk senantiasa menjaga kebersihan. “Salahsatunya harus sering-sering cuci tangan,” ujar dia.

Sementara untuk penyemprotan desinfektan, masih belum semua pasar. Sementara ini yang sudah disemprot diantaranya di Pasar Pronojiwo, Klakah, dan Kunir. Untuk Pasar Baru Lumajang masih belum.

“Untuk yang lainnya menyusul, masih kita rencanakan. Nanti akan kita semprot ketika pasar sepi atau di jam-jam tutup. Biar gak ganggu aktifitas di pasar,” pungaksnya. (fit)