Tunggu Fasilitasi, 6 Raperda Sudah Dikirim ke Pemprov Jatim

Lumajang, Motim - Sebanyak 6 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) baru yang diajukan Pemkab Lumajang sudah selesai dibahas bersama DPRD Lumajang. Panitia Khusus (Pansus) juga sudah menyepakatinya.
Kepala Bagan Hukum Agus Dwikoranto
Kepala Bagan Hukum Agus Dwikoranto
“Kita sudah selesai membahasnya, mana-mana yang perlu ditambahi dan diubah. Sudah kita sempurnakan semuanya. Dan sudah diparaf oleh Saya dan Ketua Pansus dari 6 Raperda itu,” kata Kepala Bagan Hukum, Agus Dwikoranto, Selasa (10/3/2020).

Keenam draf Raperda tersebut baru saja dikirim ke pihak Pemprov Jawa Timur untuk dilakukan fasilitasi. Tinggal menunggu, kapan nantinya pihak Pemkab Lumajang diudang ke sana oleh Gubernur Jawa Timur.

“Hari ini, sudah dikirim ke Surabaya untuk dimintakan fasilitasi. Kita nunggu dari gubernur, kapan kita akan diundang. Yang jelas nanti kalau ada undangan, Saya bersama dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) pengusul akan hadir,” lanjutnya.

Dalam fasilitasi itu, nantinya akan diketahui mana-mana Raperda yang perlu direvisi. Namun menurut, Agus Diwkoranto, nantinya tak akan banyak revisi. “Saya kira tidak akan banyak yang diubah. Karena sebelumya kita sudah melakukan klarifikasi ke Kementerian Hukum dan HAM,” ucapnya.

Lanjutnya, fasilitasi tersebut juga tidak akan berjalan lama. Menurutnya dalam sehari bisa selesai. Dan keenam Raperda itu bisa selesai bersamaan. “Karena di Kementerian Hukum dan HAM juga bisa selesai bersamaan,” pungkasnya.

Adapun 6 Raperda itu adalah Raperda Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Semeru, Raperda Perusahaan Umum Daera Semeru, Raperda Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat Bank Lumajang.

Kemudian Raperda Perubahan Perda No. 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor, Raperda Perubahan Kedua Perda No. 1 tahun 2015 tentang Pedoman Pemilihan Kades, dan Raperda Perubahan Kedua atas Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2016 tentang Menara Telekomunikasi. (fit)