Wabah Corona, Aktifitas di Pasar Baru Tetap Normal

Lumajang, Motim - Aktifitas pembeli dan pedagang di Pasar Baru Lumajang nampak berjalan normal. Pasar terpantau tetap ramai seperti biasanya. Belum terpengaruh adanya wabah Virus Corona (Covid-19).
Aktifitas di Pasar Baru Lumajang
Aktifitas di Pasar Baru Lumajang
Sebelumnya muncul isu jika Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk menutup sementara Pasar Baru dan pasar lainnya sementara waktu. Demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona di wilayah pasar. Namun pihak Pemkab Lumajang tak membenarkan isu tersebut.

“Informasi yang sampai kepada Saya dan Wakil Bupati adalah terkait dengan akan adanya penutupan pasar, dan kami sampaikan bahwa tidak ada penutupan pasar di Kabupaten Lumajang,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Sabtu (21/3/2020) sore.

Ia mengatakan, bahwa semua pasar di Kabupaten Lumajang tetap berjalan sebagaimana mestinya. Sebab pasar merupakan sebuah wadah untuk akses ekonomi, serta tempat untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari.

“Untuk itu, tidak ada dalam pikiran kami untuk mengambil sebuah kebijakan untuk melakukan penutupan terhadap aktivitas jual-beli pada sejumlah pasar di Lumajang,” ujarnya.

Thoriq pun menghimbau kepada masyarakat untuk menyaring terlebih dahulu dalam menerima berita. Serta bijak ketika mengunggah suatu berita atau kabar ke media sosial terkait pencegahan virus corona di Lumajang.

“Pemkab Lumajang saat ini terus berupaya untuk menjaga agar wilayahnya tetap pada prioritas pencegahan virus Corona dengan benar. Untuk itu, Saya mengajak masyarakat tidak usah meng-upload dan tidak usah share informasi yang sekiranya itu bukan informasi resmi dari pemerintah untuk disampaikan kepada masyarakat,” himbaunya.

Thoriq juga menghimbau, agar masyarakat yang hendak pergi ke pasar sebaiknya mencuci tangan dengan sabun dahulu, dan juga sepulang dari pasar sebelum menyentuh benda apapun di dalam rumah juga harus mencuci tangan dengan sabun.

“Untuk pasar yang ada di Kabupaten Lumajang ini, kami menyarankan bahwa masyarakat yang akan membeli kebutuhan sehari-hari di pasar, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, begitu juga penjual yang ada di pasar untuk menjaga kebersihan,” pungkasnya. (fit)